Kelebihan dan Kekurangan Mesin Fotocopy

Kebutuhan penggandaan dokumen dewasa ini sangat diperlukan. Bisa kita lihat dari hampir setiap instansi (baik pemerintahan ataupun swasta), kampus dan juga sekolah pasti membutuhkan alat pengganda dokumen. Untuk sekarang ini, alat pengganda dokumen yang menjadi primadona adalah mesin fotocopy.

Mesin fotocopy saat ini sudah jauh lebih canggih dari sebelumnya. Jika sebelumnya mesin fotocopy masih bersifat analog, maka saat ini mesin fotocopy yang beredar adalah mesin fotocopy digital. Dengan mesin fotocopy digital, fitur mesin fotocopy menjadi jauh lebih lengkap. Jika dulu mesin fotocopy hanya bisa digunakan untuk copy / menggandakan dokumen, saat ini dengan hadirnya mesin fotocopy digital, sudah ditambah dengan fitur print dan scan bahkan fax hingga email.

Tetapi, seperti halnya mesin atau peralatan elektronik lainnya, tentunya mesin fotocopy juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut akan kami tampilkan kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada mesin fotocopy.

Kelebihan Mesin Fotocopy

Setelah mengalami pergantian era dari analog menjadi digital, mesin fotocopy menjadi alat pengganda dokumen yang paling banyak disukai dan digunakan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kelebihan yang dimiliki dari mesin fotocopy, mulai dari fitur dasar copy, serta bisa berfungsi sebagi printer dan scanner. Jadi dalam 1 mesin, dapat 3 kegunaan sekaligus. Mesin fotocopy juga memiliki keunggulan lain yaitu kecepatan cetak yang tinggi. Mesin fotocopy dapat mencetak dokumen hingga 75 lembar per menit. Dengan kecepatan tersebut tentunya sangat memudahkan anda dalam pekerjaan sehari-hari. Mesin fotocopy juga memiliki keunggulan dengan fitur send to email. Sehingga dokumen yang anda scan kemudian dapat langsung dikirim melalui email. Sekali lagi, dapat membuat waktu kerja anda menjadi efisien.

Walau demikian, ada beberapa kekurangan yang terdapat pada mesin fotocopy. Karena tentunya sebagai ciptaan manusia, akan sangat jauh dari kesempurnaan. Simak di bawah ini kekurangan apa saja yang terdapat pada mesin fotocopy.

Kekurangan Mesin Fotocopy

Kekurangan mesin fotocopy memang tidak banyak, tapi bukan berarti tidak ada. Mesin fotocopy memiliki kekurangan terbesar pada ukuran. Ya ukuran mesin yang memiliki tinggi hampir 1,5 meter dan lebar 70 cm memang menyulitkan kita saat akan mendekor suatu ruangan. Sangat menyulitkan menempatkan mesin fotocopy pada posisi yang sesuai. Belum lagi dari sisi berat yang hampir mencapai 150kg. Jika mesin akan diinstal di lantai atas tentu akan sangat menambah pekerjaan.

Selain dari dimensi, mesin fotocopy memiliki kekurangan dari sisi elektrikal. Ya, bisa dibilang mesin fotocopy memiliki sensitivitas tinggi terhadap tegangan listrik. Jika mesin fotocopy tidak mendapatkan tegangan listrik yang stabil, maka kemungkinan komponen elektrikal mesin lebih rentan terhadap kerusakan. Apalagi di wilayah Indonesia di mana tegangan listrik sering naik-turun. Ini membuat pengguna banyak yang mengakalinya dengan menambah stabilizer.

Dari kelebihan dan kekurangan yang kami jabarkan di atas, semoga dapat menambahkan ilmu bagi anda para pembaca. Sebenarnya tiap tipe mesin fotocopy juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang cocok untuk usaha, ada juga yang cocok untuk penggunaan kantor. Pilihan tentu ada di tangan anda sebagai pengguna, pilihlah dengan tepat mesin yang sesuai dengan kebutuhan anda

Jual Mesin Fotocopy | Mulyafotocopy.Com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0