Langkah Mudah dan Murah Perawatan Mesin Fotocopy

Halo sobat fotocopy! Kali ini kami akan membagi langkah mudah dan murah merawat mesin fotocopy. Mesin fotocopy merupakan alat pengganda dokumen yang dari segi harga lumayan mahal. Kisaran harga beli mesin rekondisi bisa sekitar 15 sd 35 juta. Bahkan untuk mesin baru, bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Wow. Tentunya bukan harga yang main-main.

Anda tentunya kemudian berharap mesin yang anda miliki dengan harga yang tidak murah tadi tidak rusak hanya karena kesalahan perawatan. Anda juga pasti ingin mesin yang anda miliki awet dan tidak gampang rusak, karena repot harus mendatangkan teknisi dengan biaya yang juga tidak sedikit.

Maka dari itu kami akan berbagi kepada anda langkah mudah dan murah perawatan mesin fotocopy. Tentunya, agar mesin yang anda miliki awet dan lebih terjaga. Simak ulasannya berikut ini

1. Selalu lindungi mesin anda dari debu.

Percaya atau tidak, debu merupakan musuh utama mesin fotocopy. Karena mesin fotocopy merupakan alat elektronik yang di dalamnya terdapat banyak komponen sensor, maka debu dapat sangat mengganggu kinerja mesin. Sehingga perlu bagi anda untuk menjaga mesin anda dari debu. Caranya bisa dengan menutup mesin dengan kain apabila sedang ditinggal tutup toko. Kemudian anda bisa bersihkan debu secara berkala dengan hand blower.

2. Hindari dari jangkauan hewan pengerat seperti tikus

Tikus memang hewan yang terkenal dapat memasuki celah yang sangat kecil. Maka dari itu tikus seringkali ditemukan bersarang di bagian belakang mesin fotocopy. Tikus juga sering menyebabkan eror elektronik pada mesin karena tikus menggerogoti kabel-kabel yang terdapat pada mesin fotocopy anda. Hindari hal semacam ini dengan selalu menjaga kebersihan dan jauhkan mesin dari tempat sampah. Upayakan jika anda mendeteksi kehadiran tikus dekat mesin fotocopy anda, dapat segera anda usir. Sebelum tikus itu menghasilkan kerugian yang tidak sedikit.

3. Bersihkan karet roll penarik kertas secara berkala

Karet roll penarik kertas termasuk sparepart konsumabel yang sering diganti. Dengan harga roll kira-kira Rp 50.000 / pcs, memang terasa tidak terlalu mahal. Tapi alangkah baiknya jika kita rawat agar lebih awet lagi. Cara perawatannya adalah dengan membersihkan karet roll dengan mengusapnya menggunakan kain yang dibalur minyak kayu putih

4. Rajin menguras limbah toner

Limbah toner merupakan sisa kotoran yang dihasilkan dari proses copy yang dilakukan mesin. Limbah toner biasa terdapat pada tabung yang ada di bagian belakang mesin (pada mesin besar). Limbah toner ini kemudian bisa menghambat kerja mesin anda bila tidak sering dibuang / dibersihkan. Kosongkan tabung limbah toner agar limbah toner tadi tidak keburu tumpah dan mengotori bagian elektronik mesin. Limbah toner ini juga mengandung biji besi yang bisa menghasilkan listrik statis skala kecil dan membuat elektrikal anda cepat rusak

5. Selalu cek kapasitas toner

Tidak kalah penting untuk selalu cek level sisa toner anda pada layer panel utama. Jika mesin dibiarkan menyala dengan kondisi toner yang kosong pada tabung, dapat menyebabkan part developing menjadi rusak.

6. Gunakan stabilizer

Di Indonesia secara umum, kondisi tegangan listrik masih sering naik-turun. Tegangan tentu berbeda dengan daya. Jika daya listrik di tempat anda 2200W, tentu bisa anda gunakan untuk mengoperasikan mesin fotocopy. Tetapi jika dengan daya 2200W voltase tegangan tidak sampai 220V, ini yang perlu anda waspadai. Tegangan yang tidak sampai 220V sangat berpotensi untuk merusak mesin terutama di bagian elektronik. Untuk menghindari hal yang sama-sama tidak kita inginkan tersebut, saran kami adalah menyediakan stabilizer minimal 3000W untuk dapat membantu menstabilkan tegangan listrik di tempat anda.

7. Pilih toner & sparepart yang berkualitas

Dalam memilih toner dan sparepart sangat menentukan keawetan mesin anda. Contoh saja, jika anda menggunakan toner abal-abal. Maka toner tersebut akan lebih banyak didominasi oleh bijih besi. Bijih besi ini yang akan banyak menempel pada drum dan dapat membuat drum anda menjadi lebih cepat lecet / baret.

Demikian langkah yang dapat kami sarankan kepada anda dalam merawat mesin fotocopya agar menjadi awet. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Silakan baca artikel menarik lainnya tentang aneka tips dan trik dalam dunia fotocopy hanya di mulyafotocopy.com. Salam sukses selalu

Jual Mesin Fotocopy | Mulyafotocopy.Com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0