Usaha Mesin Fotocopy, Bisnis Yang Tidak Akan Pernah Ada Habisnya !

Menjalankan bisnis memang tidak selalu mudah, oleh karena itu anda harus pandai memilih jenis bisnis yang mempunyai prospek bagus serta tidak akan lekang dimakan waktu. Salah satu usaha yang paling laris dengan modal yang tidak terlalu mahal adalah usaha mesin fotocopy yang bisa juga dilengkapi dengan penyediaan ATK, jasa jilid, dan print foto.

Bisnis Dengan Prospek Cerah

Usaha mesin fotopy pasti akan dicari banyak orang dari berbagai kalangan untuk menyalin atau menggandakan dokumen yang mereka perlukan. Kebanyakan pelanggan dari usaha mesin fotocopy ini adalah orang – orang kantoran yang di kantornya tidak menyediakan mesin untuk fotocopy. Selain karyawan kantor, jasa semacam ini juga ramai diserbu oleh kalangan siswa hingga mahasisiwa untuk menyalin berbagai literatur, catatan, tugas dan keperluan lainnya. Anda bahkan juga bisa membuka jasa print sekaligus dengan membeli mesin untuk fotocopy yang dilengkapi fitur printer.

Pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi kunci utama dari kelancaran sebuah bisnis atau usaha mesin fotocopy. Anda harus memilih ruko yang dekat dengan kawasan perkantoran dinas, universitas atau sekolahan layaknya SMP atau SMA. Alasan mengapa bisnis fotocopy ini sangat menjanjikan adalah, karena semua orang yang berada di perkantoran atau sekolahan pasti membutuhkan salinan data dari dokumen yang asli untuk keperluan akademik maupun urusan dinas. Sehingga siswa, mahasiswa maupun karyawan kantoran merupakan sasaran utama dalam bisnis ini. Oleh karena itu pastikan lokasi yang anda pilih sangat strategis dan dekat dengan semua sasaran konsumen dari usaha anda.

Modal Ringan Sehingga Cepat Balik Modal

Modal untuk usaha fotocopy termasuk ringan. Anda hanya perlu menyiapkan modal minimal sekitar 23 hingga 25 juta saja. Modal tersebut mungkin saja tidak habis terbelanjakan secara keseluruhan jika anda pandai dalam memilih item yang ingin dibeli. Mungkin saja masih terdapat sisa uang jika anda memutuskan untuk membeli mesin fotocopy rekondisi, karena harganya lebih murah dari yang baru. Biaya pengeluaran untuk modal awal akan jauh lebih hemat lagi jika anda sudah memiliki etalase, komputer dan kursi milik pribadi yang bisa anda pergunakan dalam menunjang usaha ini. Namun, jika anda belum memiliki etalase dan lain sebagainya sebagai barang – barang pelengkap ruko yang akan anda sewa untuk memulai usaha fotocopy, maka anda harus membeli semua item pendukung tersebut. Harga sebuah mesin untuk fotocopy berada pada kisaran belasan juta rupiah. Contohnya untuk merk Canon yang rekondisi, anda dapat membelinya mulai dari harga 15 juta rupiah hingga 24 juta rupiah dan untuk yang baru dibandrol dengan harga mulai dari 23 juta hingga kisaran 90 juta bahkan bisa mencapai angka 100 jutaan untuk seri keluaran paling baru dengan fitur paling lengkap. Biasanya mesin fotocopy paling mahal dengan banyak fitur yang memadai diperlukan untuk sebuah perusahaan besar dan bonafit. Bagi anda yang ingin membuka usaha mesin fotocopy, maka anda cukup memlih mesin yang mempunyai fitur standar. Poin penting dalam memilih mesin untuk usaha fotocopy center adalah mesin tersebut harus bisa dipergunakan untuk fotocopy biasa maupun bolak – balik dengan cepat, memiliki fitur print dan bisa melakukan scan. Untuk biaya barang – barang tambahan yang dapat menunjang ramainya usaha fotocopy anda seperti adanya etalase, ATK, printer foto meja dan kursi serta komputer, estimasi biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih sekitar 8 hingga 9 juta rupiah dengan rincian sebagai berikut :

Komputer : Rp 3.000.000
ATK : Rp 1.000.000
Printer Foto : Rp 1.500.000
Meja Dan Kursi Komputer : Rp 1.500.000
Etalase : Rp 1.500.000

Total : Rp 8.000.000

Kalkulasi biaya item pelengkap tersebut bisa saja lebih murah atau lebih mahal, hal tersebut bergantung pada cara anda memilih item yang harus dibeli. Anda bisa saja memilih item serba baru namun mungkin dengan total biaya yang lebih mahal dari kalkulasi diatas atau anda bisa berbelanja berbagai item pelengkap second namun dengan kualitas terbaik sehingga total biaya yang anda habiskan akan sama atau bisa saja lebih murah dari kalkulasi biaya yang kami gambarkan diatas. Jika anda memilih untuk membeli mesin fotocopy rekondisi yang memiliki rentang harga pada kisaran belasan juta rupiah, maka modal usaha yang anda perlukan berserta berbagai item pelengkap yang kami kalkulasikan diatas adalah dibawah 30 juta saja. Namun apabila anda lebih memilih membeli mesin fotcopy baru, maka anda membutuhkan modal diatas 30 juta untuk membeli mesin fotocopy beserta berbagai item pelengkap ruko. Hal ini dikarenakan harga mesin fotocopy baru rata – rata berkisar 23 juta keatas.

Biaya operasional bulanan untuk usaha mesin fotocopy juga ringan, karena tidak mencapai 3 juta.
Biaya operasional yang dimaksudkan disini meliputi gaji pegawai, biaya pembelian 1 rim kertas untuk fotocopy dan biaya listrik serta kebutuhan daya lainnya. Untuk pegawai, hanya diperlukan 1 orang saja untuk mengelola usaha mesin fotocopy ini. Mengenai nominal gaji, kami menyarankan upah yang umumya dipatok untuk penjaga usaha fotocopy center yaitu sekitar 1 juta rupiah. Anda bisa meminimalkan biaya operasional bulanan jika anda bersedia terjun langsung untuk mengoperasikan usaha mesin fotocopy ini, sehingga anda tidak perlu membayar pegawai. Disaat usaha mesin fofocopy yang anda jalankan berjalan lancar dan selalu ramai, paling tidak anda membutuhkan 100 rim kertas dalam sebulan dengan total biaya pembelian sebesar 2, 3 juta. Untuk mendapatkan harga kertas yang lebih murah disarankan untuk membeli secara grosiran. Mengenai biaya daya seperti listrik, air dan lainnya diperkiraan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 150 ribu saja per bulannya. Dari kalkulasi biaya operasional yang sudah kami gambarkan, maka total biaya operasional bulanan yang perlu anda sisihkan adalah sebagai berikut

Gaji 1 pegawa i: Rp 1.000.000
10 rim kertas : Rp 2.300.000
Biaya listrik, air dan lainnya : Rp 150.000

Total : Rp 3.450.000
Total biaya operasional tersebut memang terlihat banyak, namun untung yang bisa anda dapatkan dalam satu bulan dari usaha mesin fotocopy ternyata bisa mencapai 5 jutaan. Dengan estimasi biaya yang dipatok untuk 1 lembar kertas fotocopy adalah 100 rupiah. Jika dalam 1 bulan anda bisa menjual 100 rim kertas untuk kebutuhan fotocopy, maka dalam 1 bulan anda bisa mendapatkan pemasukan sebesar 5 juta (100 rupiah X 50000 lembar). Hasil dari jasa fotocopy tersebut masih belum mencakup pendapatan keseluruhan, karena masih ada pemasukan dari jasa penjilidan, penjualan ATK, jasa cetak foto, dan lainnya. Berikut ini kami berikan gambaran mengenai pendapatan yang bisa anda peroleh secara keseluruhan dalam 1 bulan usaha mesin fotocopy yang lengkap dengan ATK, jasa jilid dan juga print foto.

Hasil Fotocopy : Rp 5.000.000
Hasil Penjilidan : Rp 200.000
Hasil Cetak/Print Foto : Rp 400.000
Hasil Penjualan ATK : Rp 600.000
Total : Rp 6.200.000
Pendapatan Bersih Setelah Dipotong Biaya Operasional Bulanan:
Rp 6.200.000 – Rp 3.450.000 = Rp 1.750,000

Tempat Yang Strategis Jadi Kuncinya
Total dari pendapatan setiap bulan ternyata bisa mencapai 6 juta jika ditambah dengan hasil dari penjualan berbagai jasa lainnya yang anda sediakan selain jasa fotocopy. Dari total pendapatan tersebut, anda nyatanya masih bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar 1 juta keatas setelah dipotong untuk biaya operasional bulanan. Estimasi kalkulasi biaya yang kami buat ini, diharapkan bisa menjadi gambaran bahwa usaha mesin fotocopy memang menguntungkan. Anda bisa meraup keuntungan yang semakin besar dari estimasi yang kami buat apabila anda bisa memanfaatkan lokasi strategis yang bisa mendukung usaha mesin fotocopy tersebut. Apabila lokasi kurang strategis, maka konsumen yang datang ke ruko anda juga akan jarang. Hal ini tentunya berpengaruh pada pendapatan anda. Apabila total pendapatan anda dalam satu bulan ternyata dibawah total biaya operasional yang harus ditanggung, anda bisa mengalami kerugian besar. Oleh arena itu, jangan lupa untuk mencari tempat yang paling strategis agar semakin banyak orang yang bisa menjangkau usaha mesin fotocopy anda dengan mudah, dengan begitu pengunjung akan tetap ramai.

Jual Mesin Fotocopy | Mulyafotocopy.Com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0